Belajar Menggunakan Windows Movie Maker

BlogRakyat - Windows movie maker adalah aplikasi bawaan dari windows, terutama untuk windows Xp , dengan ukuran yang kecil serta mudah dalam penggunaannya, membuat aplikasi Windows movie maker ini banyak yang menggunakan untuk membuat video sederhana.

Belajar Menggunakan Windows Movie Maker
Windows Movie Maker


Meskipun, Windows Movie Maker ini merupakan bawaan untuk windows Xp, tetapi pada generasi Windows 7 sudah tidak ada lagi, jadi buat teman-teman yang belum punya aplikasi ini silahkan cari Windows Movie Maker yang kompatibel dengan windows 7.

Yang belum punya Aplikasi Windows Movie maker, silahkan menuju Download Gratis Windows Movie Maker

Menu Utama dalam Windows Movie Maker

Belajar Menggunakan Windows Movie Maker
Menu Untuk Menjalankan Perintah
Pada Windows Movie Maker

1. Menu Import Media

Pada menu ini, kita gunakan untuk memasukan file mana yang akan kita gunakan dalam membuat video, apakah itu berupa file video, gambar maupun suara untuk kita gabungkan dalam satu video nantinya.

2. Menu Edit

Setelah kita sudah memasukan file-file yang dibutuhkan tadi maka selanjutnya, kita melakukan perlakuan untuk file-file tersebut, dengan menggunakan perintah seperti menambahkan effect, transisi antar gambar atau video serta menambahkan tulisan dan kredit di akhir video yang akan dibuat.

3. Menu Publish

Di menu ketiga ini, kita gunakan sebagai tahap akhir pembuatan video karena dimenu inilah, sehingga apa yang telah kita lakukan dalam perintah aplikasi Windows Movie maker dapat menjadi file video seutuhnya dan dapat kita lihat dan nikmati hasilnya.


Belajar Menggunakan Windows Movie Maker
Preview Disebelah Kiri
Layar

4. Tab Preview

Bagian ini digunakan untuk melihat, hasil sementara dari hasil kerja kita, cukup play dan pause untuk melihatnya, disini juga dimanfaatkan untuk memudahkan dalam memberikan effect maupun transisi karena kita bisa melihat contohnya secara langsung, disamping layar monitor.

5. Timeline

Belajar Menggunakan Windows Movie Maker
TimeLine

Dimenu Timeline inilah, kita mengelola semua file-file tadi, dengan bantuan menu sebelumnya, di menu ini, kita bisa menyesuaikan, gambar apa yang akan ditampilkan beserta tulisannya, serta mengatur waktu berapa lama gambar tersebut akan ditampilkan.

Semua bisa disesuaikan dan diatur pada menu Timeline, menyesuaikan antara, gambar dengan musik yang dijalankan, sehingga tidak terjadi saling mendahului antara gambar yang ditampilkan serta musik yang dijalankan, dengan demikian maka Video yang nantinya akan dihasilkan bisa maksimal dan sesuai yang diinginkan.


0 Response to "Belajar Menggunakan Windows Movie Maker"

Posting Komentar