Merawat Laptop yang Tiba-tiba Mati

BlogRakyat - Dalam menggunakan laptop sebaiknya jangan hanya sekedar menggunakan laptop tanpa memperhatikan kondisi yang bisa saja terjadi pada laptop kita, sebagai pemilik yang baik maka sudah sepantasnya kita juga merawatnya.

Masalah Mati [Shutdown] Tiba-tiba

Masalah yang bisa saja terjadi pada laptop yang kurang dirawat atau kita tidak perhatikan kondisi laptop adalah Shutdown otomatis, hal ini bisa terjadi diakibatkan karena kita menggunakan laptop dengan meletakkannya pada bidang yang tidak sesuai untuk laptop, sehingga sirkulasi udara terhambat dan laptop mengalami kepanasan atau Overheat .

Merawat Laptop yang Tiba-tiba Mati
Ilustrasi : Overheat


Overheat terjadi saat kondisi kita meletakkan laptop atau menggunakannya pada kasur, karpet, serta permukaan sejenis pada waktu yang lama. Ini mengakibatkan perangkat laptop yang sudah diberi kipas sendiri dalam perangkat bisa terganggu, bahkan akan berhenti bekerja diakibatkan karena debu yang masuk ataupun benda-benda halus lainnya tidak kita sadari masuk dan mengganggu kinerja dari kipas perangkat kita.

Saat sirkulasi udara yang tidak berjalan dengan baik maka, lama kelamaan laptop yang sedang bekerja mengalami panas tanpa adanya kipas serta sirkulasi udara yang baik akan membuat laptop kita mengalami Overheat tadi, jangan dianggap remeh masalah ini.

Laptop mulai Bermasalah

Mati secara tiba-tiba ini tidak seperti dengan kita shutdown laptop seperti biasanya, melainkan ini seperti laptop kita dipaksa mati, biasanya hal ini dilakukan pada laptop yang mengalami gangguan atau laptop yang tidak dipasangi baterai dan mati lampu terjadi.

Merawat Laptop yang Tiba-tiba Mati
Ilustrasi : Kipas pada laptop


Jika ini terjadi maka bisa membuat laptop bermasalah, bagaimana tidak, karena pada saat laptop bekerja dan beberapa aplikasi masih terbuka akan membuat laptop crash dan menyerang sistem pada laptop, bahkan bisa mempengaruhi kinerja hardware laptop kita nantinya, maka dari itu kita membutuhkan solusi untuk masalah ini.

Cara mengatasi masalah Laptop Crash atau Shutdown Otomatis.

Jika masalah ini terjadi maka satu-satunya yang isa dilakukan adalah membawa laptop kita tukang services laptop, karena masalah ini sudah menyangkut hardware laptop, kecuali jika kita memiliki kemampuan untuk membongkar dan memperbaikinya, hardware yang dimaksudkan disini adalah kipas yang digunakan laptop kita agar perangkat tidak mengalami overheat. 

Dengan cara membersihkan daerah sekitar kipas atau bahkan menggantinya dengan baru, maka kita membutuhkan seseorang yang paham akan hal ini.

Dari pengalaman pribadi saya saat mengalami masalah ini, masih beruntung karena setelah saya menggunakan kipas manual atau menggunakan kipas angin biasa dipakai untuk mendinginkan ruangan justru membuat kipas pada laptop saya kembali bekerja secara sendirinya, jadi saya tidak sempat membawanya ketempat Services laptop terdekat dan terpercaya. Alhamdulillah

Tips Merawat dan Menghindari Crash

Masalah seperti ini kita tidak tau kapan akan terjadi pada laptop, maka dari itu sudah sepantasnya kita harus merawat laptop kita, adapun caranya bisa dilihat berikut

  • Meletakkan laptop pada permukaan yang datar dan keras serta bersih
  • Hindari pemakaian laptop pada kasur dan karpet kecuali dengan memberika pengalas yang datar dan bersih.
  • Pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik keperangkat kita.
  • Hindarkan dari benda yang kotor
Demikian, semoga bisa bermanfaat



0 Response to "Merawat Laptop yang Tiba-tiba Mati"

Posting Komentar