Teknologi 4G LTE Segera Hadir di Indonesia

BlogRakyat - Kabar gembira bagi kita semua, khususnya untuk pecinta internet dengan kecepatan tinggi, buat rakyat Indonesia yang telah lama menggunakan jaringan 2G, Edge, 3G siap-siap mengalami Revolusi.

Teknologi 4G LTE Segera Hadir di Indonesia
Teknologi 4G LTE

Persiapan Penggunaan 4G LTE

Saat ini, sudah ada beberapa Operator seluler (opsel) yang sudah melakukan Launching teknologi ini, yaitu, telkomsel, xl dan indosat. Telkomsel sendiri menjadi OPSEL pertama yang melakukan uji coba menggunakan jaringan super cepat ini, yaitu pada saat akan menyambut pertemuan APEC dibali pada tahun lalu, hal ini dimaksudkan untuk mendukung para peserta dalam acara tersebut dalam hal akses internet super cepat. Maklum pada beberapa negara sudah menggunakan teknologi ini sebelumnya.

Serangkaian uji coba yang pernah dilakukan oleh para OPSEL ini, ada beragam tanggapan dan tenetunya rasa optimis akan perkembangan teknologi 4G di Indonesia karena memang pengembangan teknologi 4G mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

Jika telkomsel sukses dalam mengawal kegiatan APEC dengan 4G-nya maka indosat yang menjadi OPSEL yang terakhir melakukan uji coba mengatakan bahwa kecepatan 4G mereka dibawah kecapatan dari 3G yang mereka kembangkan.

Seperti yang diberitakan KompasTekno CEO indosat mengatakan "Kecepatan maksimumnya cuma 35,5 Mbps karena cuma pakai band 5 MHz di 900 MHz... Speed-nya lebih pelan dari 3G, malu Bos," kata pria yang akrab disapa Alex ini saat dijumpai di sela acara soft launching Indosat Super 4G LTE di mal Grand Indonesia, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Permasalahan dan Optimisme

Hal tersebut diakibatkan karena kebanyakan dari OPSEL sekarang masih menggunakan frekuensi 900 MHZ di BTS mereka dan ini yang menyebabkan kinerja dari teknologi 4G belum dirasakan dengan maksimal. Sementara frekuensi yang sesuai adalah 1.800 MHZ dan penataan ulang frekuensi ini harus melalui persetujuan pemerintah terlebih dahulu.

Teknologi 4G LTE Segera Hadir di Indonesia
Ilustrasi


Bukan hanya itu, bagi kita yang ingin juga merasakan sensasi internet cepat ini, harus bersabar karena tidak semua daerah di Indonesia sudah memiliki layanan 4G hanya daerah tertentu saja dan bisa dikatakan sangat terbatas.

Meskipun kabar tentang LTE ini sudah menyebar luas dan menerima apresiasi dari masyarakat, tetapi ada juga yang masih kembali mempertanyakan, bahwa sebaiknya para OPSEL terlebih dahulu memperbaiki layanan meraka di taraf 3G yang belum dirasakan kinerja secara optimal bahkan, Teknologi 3G ini juga belum merata kesemua pelosok daerah yang ada di Indonesia.

Kendati demikian, kita juga harus tetap mengusung optimisme tinggi bahwa teknologi 4G ini bisa dirasakan secara menyeluruh oleh rakyat Indonesia. Kabar terakhir memberitakan bahwa Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo) Rudiantara telah menandatangani surat edaran nomor 1 tahun 2015 tentang kebijakan tata ulang pita frekuensi 1.800 MHz untuk mendorong percepatan menuju 4G tahap dua.

Seperti yang dikabarkan KompasTekno penataan ini ditargetakan selesai pada desember 2015 "Penataan pita frekuensi radio 1800 MHz secara nasional diselesaikan pada bulan Desember 2015, dengan catatan tidak ada kegiatan penataan pita frekuensi radio 1800 MHz pada freeze period (menyambut hari raya Idul Fitri)," tulis pihak Kemenkominfo.

[BR - @Sidikbro]

2 Responses to "Teknologi 4G LTE Segera Hadir di Indonesia"

dastio garbi mengatakan...

keren...
cara-sidas.blogspot.com

SidikBro mengatakan...

thanks bro ...
GO tkp

Posting Komentar