Indonesia Terancam Tanpa Koneksi Internet

Kabar akan tidak adanya koneksi internet dalam beberapa hari atau minggu kedepan ini, menyusul para pengusaha ISP yang menyatakan akan mematikan layanan internet mereka.

Alasan utama

Pengusaha ISP yang kemudian mengambil jalan ini, karena kuatir akan terkena hukuman yang sama seperti yang dialami oleh Mantan Direktur Utama Indosat Mega Media [M2] Indar Atmanto.

Seperti yang diberitakan oleh JalanTikus.com bahwa, Indar Atmanto telah divonis delapan tahun penjara oleh Mahkamah Agung [MA] Indar dituduh telah melakukan korupsi pengadaan jaringan 2,1 GHz/3G di PT Indosat. Selama beroperasi, IM2 memang tidak memiliki izin frekuensi 3G sehingga menyewa bandwidth kepada Indosat. Cara ini oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dianggap sebagai sebentuk korupsi. Bahkan setelah Indar mengajukan kasasi ke MA, putusannya tetap sama.


Indonesia Terancam Tanpa Koneksi Internet
Indonesia Terancam Tanpa Koneksi Internet


Para Pengusaha ISP yang memiliki usaha yang pesis sama dengan Indar Atmanto-pun merasa kuatir dan takut nantinya mereka juga akan terkena hukuman yang sama. Padahal peraturan yang berlaku dinilai mereka tidak seperti yang didakwahkan, dan mereka juga selama telah melaksanakan peraturan yang ada.

Sehingga sangat mengherankan, jika apa yang terjadi sekarang justru, tetap mendapatkan hukuman, maka dari itu para pengusaha ini juga mempertanyakan tentang aturan yang sebenarnya dan meminta kejelasan akan hal ini.

Alih-alih disebut sebagai pelanggar hukum, para pengusaha ISP di Indonesia yang jumlahnya sekitar 300 itu berniat untuk mematikan layanan Internetnya. Kalau ini terjadi, sekitar 71 juta pengguna Internet di Indonesia tidak akan bisa online sama sekali karena tidak ada ISP yang menyediakan bandwidth.

Dampak Yang Bisa Dialami Tanpa Koneksi Internet

Jika, benar adanya dalam dua minggu kedepan, indonesia bisa saja tanpa koneksi internet, maka akan berdampak pada sulitnya untuk mengakses informasi melalui media online, sukar dalam memperoleh data-data yang diperlukan untuk keperluan perkuliahan maupun sekolah bahkan perkantoran.

Indonesia Terancam Tanpa Koneksi Internet
Indonesia Terancam Tanpa Koneksi Internet

Sudah pasti yang akan paling merasakan dampak dari masalah adalah mereka yang aktif dalam jejaring sosial, dari beberapa banyak data yang dihimpun, terbukti bahwa indonesia menjadi negara yang paling sering dalam hal penggunaan jejaring sosial yang aktif.

Contohnya saja, Facebook indonesia menempatkan diri dengan jumlah 69 juta yang aktif setiap bulannya, sementara untuk jejaring sosial lainnya yakni Path memaparkan suatu fakta unik, bahwa dari 5 juta pengguna path diseluruh dunia saat ini, indonesia menempati posisi teratas sebagai penggunanya.

Bukan itu saja dampak yang dapat dialami, akan banyak hal yang akan merugi dengan hal demikian.

Dukungan Berupa Petisi

Untuk menghidari itu semua, saat ini ada gerakan yang memberikan dukungan untuk kasus Indar Atmanto. Dengan dukungan yang berupa petisi yang mengajak rakyat indonesia untuk sama-sama memberikan suara dan menuntut agar nantinya kasus ini dapat diselesaikan serta Indar Atmanto terhindar dari hukuman.

Semoga kasus ini dapat selesai secepatnya, dan Indonesia tetap bisa menggunakan internet lebih lama kedepannya.

1 Response to "Indonesia Terancam Tanpa Koneksi Internet"

Unknown mengatakan...

Emang gan, ane juga denger romor2 kayak gini
Tapi ya ane cuman berharap dengan datanganya Zukerbug kemaren terus internet indo gajadi mati :v

Posting Komentar