Mahalnya Paket Internet Di Indonesia

BlogRakyat - Zaman sekarang dengan kebutuhan akan informasi sangat lekat hubungannya dengan manusia modern, membuat kebutuhan akan akses internet juga meningkat, sebagai produk era modern, internet menjelma menjadi alat pemenuhan kebutuhan manusia akan informasi yang disediakan dalam bentuk dunia maya.

Mahalnya Paket Internet Di Indonesia
Ilustrasi - Internet Data



Akses dunia Maya dan media sosial tentunya membutuhkan koneksi internet, pada dasarnya internet muncul pertama kali masih digunakan oleh kalangan tertentu. Namun dengan semakin bergesernya gaya hidup masyarakat modern sekarang yang membuat semua kalangan sangat membutuhkan namanya internet.

Internet Menjangkau Seluruh Kalangan

Kebutuhan akan internet bukanlah hanya takeline yang bisa dikatakan isapan jempol belaka, karena pada faktanya memang fenomena itu terjadi. Simak uraian berikut :

Pejabat Pemerintahan

Dalam melaporkan suatu berkas ataupun sekedar untuk menjalankan tugas misalnya, suatu instansi pemerintah membutuhkan akses internet untuk menyambungkan antara komputer yang berada di daerah dengan komputer yang berada dipusat, dalam artian bahwa koneksi untuk mendapatkan informasi dari pusat sudah pasti butuh internet alias sistem online

Pengusaha, Pedagang, PKL

Informasi bagi seorang pengusaha sudah pasti sangat penting karena, dengan memiliki referensi tentang usaha yang akan dijalankan maka akan membuat seorang pengusaha memiliki gambaran jelas apakah usaha yang akan dijalankan tersebut bisa membawa keuntungan atau malah akan membuat merugi.

Mahasiswa, Pelajar

Untuk para pelajar hingga mahasiswa sudah pasti setuju, dengan adanya internet membuat dalam pengerjaan tugas akan memudahkan karena di internet hanya dengan online bisa memberikan kita akses penuh untuk melihat berbagai referensi mulai dari artikel hingga jurnal, jurnal nasional bahkan internasional yang bisa didownload cuma-cuma.

Artis, Intertainer

Untuk kalangan satu ini, internet tentu menjadi kebutuhan yang penting karena disini bisa menjadi parameter apakah diri sudah populer atau tidak, bahkan dunia maya bisa menjadi seseorang justru terkenal dan populer jika memang para pengguna internet atau netizen memberikan suatu apresiasi tinggi untuk seseorang tersebut.

Masyarakat biasa

Bukan berarti masyakat biasa bisa dikatakan bahwa mereka menjadi kalangan yang tidak menikmati internet, karena pada umumnya, kalangan inilah yang besar yang ada dan tercacat bahwa mereka inilah orang pengguna dunia maya atau media sosial yang tertinggi.

Pemenuhan akan Internet

Melihat fakta tersebut, menarik untuk megetahui bagaimana kalangan ini bisa memenuhi kebutuhan mereka akan internet.

Jika itu adalah para pejabat dan para pengusaha maka itu sudah tidak menjadi masalah bagi mereka , karena telah menyediakan dana tertentu akan pemenuhan internet mereka, bagaimana dengan kalangan yang berada dibawah mereka yang juga membutuhkan layanan yang sama tetapi dengan kesulitan berbeda.

Hal ini juga disebabkan karena mahalnya paket internet yang ditawarkan oleh para operator seluler yang ada, dibutuhkan terobosan yang baru sehingga semua kalangan bisa menikmati kalangan yang ada.

Paket Internet Yang Mahal

Diantara operator seluler besar yang ada di Indonesia kita mengenal nama-nama seperti Telkomsel, XL, Indosat hingga Tri



Dari empat opsel ini menawarkan bermacam-macam paket yang bisa dinikmati pelanggannya, dan tentunya paket yang ditawarkan memiliki kelebihan dan kekurangan, disinilah bisa dilihat bagaimana pengguna melihat paket apa yang sesuai dengan kebutuhannya.

Paket internet sangat erat kaitannya dengan penawaran akan kuota, semakin mahal paket internet maka biasanya semakin tinggi jumlah kuota yang disediakan bahkan ada beberapa opsel yang menyediakan produk mereka dengan label Unlimited.

Persaingan menawarkan kuota terbaik inilah yang juga terjadi sekarang menyusul dengan berkembangnya teknologi Android yang dalam penggunaanya sangat membutuhkan koneksi internet, dan membuatnya semakin digemari dan juga membuat pamor internet semakin melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Adapun beberapa gambaran mengenai paket intenet yang disediakan oleh para opsel ini akan diuraikan berikut.

Telkomsel 

Operator seluler satu ini terbilang menjadi opsel yang memiliki layanan terluas yang tersebar di seluruh nusantara, BTS mereka bahkan sampai menjangkau pelosok negeri yang dimana, opsel yang lainnya sudah tidak memiliki layanan sama sekali.

Mahalnya Paket Internet Di Indonesia
Telkomsel


Itu jika dilihat dari layanan sinyalnya, bagimana dengan Paket Internetnya, si "merah" ini saya bisa katakan adalah opsel dengan harga Paket internet yang sangat mahal, bagimana tidak dengan kuota yang disediakan sekitar 1 GB, harganya bisa mencapai 100 ribu, sangat fantastis, namun mengapa masih banyak juga yang menggunakan, itu lagi-lagi karena layanan sinyal mereka terluas dan bisa jadi pelanggan masih puas akan layanan mereka dengan harga tersebut.

Kualitas jaringan bisa menjadi alasan mengapa orang-orang masih banyak menggunakan Telkomsel.

XL

Xl hadir dengan menawarkan kuota yang lebih banyak dan harga bisa dikatakan cukup terjangkau, salah satu produk atau paket andalan mereka adalah, Super Ngebut, dengan harga 50 ribu rupiah kita sudah bisa menikmati kuota dengan jumlah 11 GB sangat jauh jika dibandingkan dengan Telkomsel.

Mahalnya Paket Internet Di Indonesia
XL


Meskipun ada kebijakan dalam pembagian waktu penggunaan kuota, yakni pada pukul 00:00 - 12:00 10 GB sementara sisanya di jam 12:00 - 24:00 . Namun, terlepas itu semua bisa dikatakan bahwa kuota tersebut sudah besar.

Bahkan XL juga memiliki produk andalan lainnya dengan label Unlimited meskipun ada syarat khusus untuk penggunaan wajar, selengkapnya lihat di Xl Unlimited

Indosat

Indosat menjadi salah satu opsel yang juga menawarkan kuota dengan jumlah besar tetapi dengan harga yang murah, dengan jumlah 11 GB sudah bisa diperoleh dengan harga 25 ribu saja, sama seperti Xl, opsel satu ini juga membaginya kuota tersebut dalam tiga jam berbeda.

Mahalnya Paket Internet Di Indonesia
Indosat


Pada jam 00:00-06:00 8 GB, jam 09:00-15:00 dengan 1,5 GB sementara untuk diluar jam tersebut di beri kuota degan jumlah 1,5 GB juga.

Meskipun dengan kuota banyak dan harga murah akan tetapi perlu diketahui bahwa layanan opsel ini tidak dirasakan disetiap daerah yang ada di Indonesia.

Tri

Opsel yang terakhir hadir ini, menawarkan paket yang cukup menarik tidak ada pembagian kuota pada waktu tertentu alias 24 jam dengan kuota mencapai 8 GB diganjar dengan harga 70 ribu, harga ini bisa saja bervariasi disetiap tempat.

Mahalnya Paket Internet Di Indonesia
Tri


Namun, layanan opsel ini juga tidak merata di seluruh pelosok Indonesia.

Demikian sedikit ulasan tentang beberapa Opsel yang ada, semoga bisa bermanfaat, dan perlu diketahui bahwa tidak ada niat untuk menjelekkan salah satu atau semua opsel yang ada, hanya pengalaman pribadi saja.

Terima kasih.

0 Response to "Mahalnya Paket Internet Di Indonesia"

Posting Komentar